Banner 468 x 60px

 

IKLAN :

Kamis, 16 November 2017

Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Bojonegoro

0 komentar
Hujan deras di wilayah selatan Bojonegoro sejak siang hingga malam ini mengakibatkan banjir bandang di beberapa desa di kecamatan Sekar dan Dander. Banjir juga merendam jalur transportasi Dander-Bojonegoro.

Banjir bandang itu sendiri berasal dari hutan yang gundul. Air yang tak diserap lagi oleh tanaman hutan langsung mengalir ke sungai yang segera meluap dan menumpahkan isinya ke desa-desa di sekitarnya.

Untuk Kecamatan Dander, desa yang mengalami dampak banjir bandang di antaranya Growok, Sumberarum, dan Kunci. Rata rata rumah warga tergenang air setinggi 25 cm-1 meter. Warga berusaha menyelamatkan diri dan banyak warga yang tidak bisa menyelamatkan harta bendanya yang masih berada di dalam rumah seperti televisi, kulkas, bahkan motor.

"Hujan itu mulai siang dan deras. Mendadak suara gemuruh air dari selatan sangat cepat. Kami langsung keluar rumah," ujar warga Desa Kunci, Ahmad, Kamis (16/11/2017).

Sedangkan di Kecamatan Sekar, hujan deras yang mengguyur mengakibatkan tanah longsor di Dusun Kalipapak, Desa Sekar,. Longsor itu menimpa sebuah rumah warga bernama Panijan (66). Beruntung tidak ada korban jiwa, pemilik rumah dan keluarga diungsikan sementara ke lokasi yang aman.

Di Desa Bobol, Kecamatan Sekar, banjir merendam setidaknya 12 rumah warga. Ketinggian air mencapai 10 cm.

Sementara itu, jalan raya jurusan Dander-Bojonegoro juga mengalami kemacetan akibat derasnya banjir bandang yang terjadi di Desa Growok. Kendaraan roda empat terpaksa melambatkan lajunya karena khawatir tersapu arus dan mogok.


"Banjir bandang ini terjadi karena curah hujan yang deras. Petugas langsung ikut membantu evakuasi dan pendataan para korban," kata Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Seputar Berita © 2011 . Supported by BERITA TERUPDATE